RESUME HARI KE 5: "MENULIS SEMUDAH CEPLOK TELUR"

 


RESUME MATERI               : PERTEMUAN KE 5
JUDUL                                   : MENULIS SEMUDAH CEPLOK TELUR
HARI DAN TANGGAL        : RABU, 13 OKTOBER 2021
PEMATERI                            : Dra. LILIS IKA HERPIANTI SUTIKNO, S.H.
MODERATOR                       : DAIL MA'RUF, M.Pd
OLEH                                     : SUDARWOTO, S.Pd

Hari ini cukup sibuk, namun dengan semangat, resume pertemuan hari ke 5 harus dapat dikerjakan.

I. PENDAHULUAN
Oleh Moderator

"Assalamu alaikum Bapak dan Ibu yang hebat. Selamat malam. Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahgia."

"Insya allah saya Dail, akan kembali belajar jadi moderator memnemani Ibu Lilis Sutikno malam ini. Dalam Belajar Menulis materi ke5 dengan judul : Menulis Itu Semudah Ceplok Telor

Sebelum kita mulai materi, mari kita berdoa dengan membaca fatihah bagi yang muslim, dan baghi agama lain dapat menyesuaikan"

"Berdoa kita mulai ...,Berdoa selesai.. "

"Saya senang sekali malam ini bisa kembali membersamai bapak dan Ibu yang Luar biasa. saya sudah baca resume materi 1-4 yang bapak Ibu buat. Bagus bagus, semoga semuanya malam ini terus semangat hingga materi ke30."

"Baiklah bapak dan ibu yang hebat... seperti d Flayer kita sudah lihat dan baca. Narasumber kita adalah Ibu Dra Lilis Sutikno, SH. Beliau adalah teman Om Jay, sama seperti Bu kanjeng dan narasumber lainnya akan berbagi ilmu dengan kita semua..."

"Untuk menyambut kehadiran beliau mari kita  BACA SAJA  .... Biodata beliau, silahkan disimak..."

http://www.guruinspirasintt.com/2021/09/profil-ibu-guru-cantik.html

II. MATERI INTI
Oleh Pemateri

"Bismillahirrahmanirrahiim . . .
Assalammu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh . . .
Selamat malam . . .
Salam sejahtera bagi kita semuanya . . .
Om Swastiastu . . .
Namo Buddhaya . . .
Salam Kebajikan . . .
Salve . . ."

"Alhamdulillahi Robil’alamin, saya secara pribadi merasa bangga dan senang bisa bergabung  kembali bersama Om Jay (Guru Hebat saya dalam menulis buku)."

"Dari kelas ini nama saya menjadi besar dan dikenal banyak guru-guru se-Indonesia. KELAS ini telah memberikan saya inspirasi memberikan tongkat estafet kepada penulis muda berbakat dalam kelas mini di Nusa Tenggara Timur. Dengan nama KELAS WAG MBI (kelas belajar menulis pasti menjadi buku ber-ISBN). Salah satunya buku Ustadz sedang dalam proses naik cetak juga bersama KELAS WAG MBI"

"Dari lubuk hati yang paling dalam saya mengucapkan banyak terima kasih untuk semuanya kepada Om Jay. Hingga detik ini peran Om Jay dalam dunia menulis saya sangat luar biasa."

Sebelum melanjtkan, Pemateri mengajak membaca link di bawah ini.

http://www.guruinspirasintt.com/2020/03/jumpa-master-menulis-om-jay-bolgger.html




Sebagai penyemangat, Pemateri menjanjikan hadiah dengan syarat sebagai berikut;
"Tunggu dulu Ustadz... Tantangan pertama adalah, siapapun Anda yang like dan komen dalam FB nya Bunda tadi. TIGA TERATAS, AKAN BUNDA KIRIM HADIAH DARI FLOBAMORA TERCINTA"

Pemateri melanjutkan materinya.



Teman-teman bisa melihat tayangan cerita singkat saya hingga pada titik sukses saat ini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4208663415867356&id=100001712161927

Menulis adalah berteriak pada dunia tanpa suara



"Materi Bunda tak jauh dari sahabat literasi semuanya, karena dari kelas ini Bunda di kenal banyak orang. Perintah menulis yang datangnya dari Allah Swt. Perintah menulis menurut Hadis Rosulullah Saw. Perintah menulis dalam Permendikbud RI diataur dalam PERMEN 23 Tahun 2015, melaksanakan perintah artinya kita berpahala Bunda..., dan ikut sukseskan program pemerintah"



















"Materi alhamdulillah beres silahkan simak. slide tsb, dan yang mau bertanya bisa japri ke saya di 087871926678"

"ALHAMDULILLAH... KITA Tunggu peserta baca slide dab bertanya..."

III. TANYA JAWAB

P1.
1. assalamu'alaikum bu lilis  perkenalkan saya anis dari bangka belitung negeri laskar pelangi.keinginan menulis,sudah lama skali.kesempatan baru dimulai.saya khawatir bu, semangat menulis saya jadi hilang kalo kegiatan ini selsai.skrg memang sedang senang2 ny krn ide saya trpancing dg adany resume...ibu sampai skrg tetap menulis motivasinya apa ya?

J1
Saya melihat perkembangan sahabat literasi dalam Kelas nya Om Jay, mereka berlomba-lomba untuk pamer karya disini. Tentu di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat kita Penulis itu keren, Penulis itu terhormat di mata masyarakat kita. Ini yang bunda rasakan setelah menjadi penulis buku.

P2
Assalamu'alaikum Wr Wb. 
Perkenalkan Ibu saya Iksan dari Kebumen. 
Ijin bertanya Ibu... 
Jika ingin menulis sebuah crita kisah tentang profesi sesorang atau profesi diri sendiri, apakah harus seperti kenyataan yg dialami oleh ybs. Atau bisa kita rubah sedikit agar memiliki nilai lebih atau pembeda dari yg lain. Tanpa mengurangi manfaat dr segi isi critanya  Mohon tipsnya atau jurus jitunya bu 🙏🙏🙏
Terimakasih Ibu. 
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

J2
Walaikumsalam... Bu Anis, saran Bunda adalah jangan kendorkan semangat menulisnya. Kembangkan sayap ikut dalam group-group kecil alumni Kelasnya Om Jay. Semua bertujuan positif, dan memberikan motivasi kita untuk menulis Bu. Semangat yaa...

P3
3. Assalamualaikum bunda cantik. 
Perkenalkan saya Widya. 
Mendengarkan ulasan dari Bunda cantik, sangat luar biasa. 
Mindseat saya yang terpatri didalam pikiran bahwa menulis itu sulit, sedikit demi sedikit terkikis. 
Pertanyaan saya. 
Sebagai penulis pemula, kita terkadang bingung menentukan genre kita itu apa. 
Kadang saya menulis saja, dan saat ditanya genremu dalam menulis itu apa? Saya hanya garuk garuk kepala tidak paham. 

Pertanyaan saya: 
✅Bagaimana menemukan genre tulisan kita? 

✅Dan apakah setiap penulis harus memiliki keunikan dan gaya menulis sendiri? 

Terimakasih bunda cantik

J3
Walaikumsalam... Buku saya Guru adalah Inspirasi yang menjadi buku best seller Nusantara kisahnya sama dengan kisah saya. Tak ada yang saya rubah. Saya penuhi dengan foto-foto penunjang nya juga

Walaikumsalam Bu Widya... Gendre itu boleh saya katakan ciri khas, ada bisa cepat dapat ilhamnya, ada yang lama. Saya ikut alur Menulis Inspirasi Kisah-kisah inspirasi. Saat ini special Menulis Semudah Ceplok Telur Inilah yang saya bawa kemana-mana jika saya di undang narasumber menulis se-NTT. Setiap penulis harus memiliki keunikan masing-masing. Dalam kelas kecil saya di NTT, masing-masing sahabat kita di sini. Orang NTT mengenalnya Bunda Semudah Ceplok Telur, Pak Sahat Hidup Untuk Berkarya, Pak Eko Daryono The Power of Pada Suatu Hari, BuDitt Mental Menulis, itu keunikan dan ciri-ciri kita

P5
Assalamualaikum Bu cantik... Saya Susan dari Pangkalpinang ingin bertanya, apakah dengan menulis semudah ceplok telor, dapat mengimbas langsung pada pembaca yang menikmati tulisan kita sebanyak orang yang menyukai ceplok telor..? Terima kasih Bu

J5

P6
Saya Daru, SD pembangunanJaya Sidoarjo: Saya suka menulis namun baru Benar-benar paham betul Tentang menukis resume setelah ikut kelaa BM ini. Setelah beberapa kali ikut mencoba bikin resume, mulai tertarik untuk ikutan menulis resume yang profesional agar bisa menjadi penulis seperti Bubda dan Bapak peserta BM yang sudah sukses. Mohon kiatnya Bubda 🙏 teeima kasih

P7
Assalamu'alaikum, Pak Dail  dan Bu Lies, saya Dona Ningrum, dari Yogya. Izin bertanya, arti dari buku best seller nusantara itu apa, ya? Apakah buku Guru Inspiratif itu ada di toko-toko buku? Terimakasih

P8
Assalamu'alaikum wr.wb
Ibu Lilis bagaimana menghilangkan rasa malu/kurang rasa percaya diri, karena ketika tulisan kita dibaca orang lain/teman yg mengenal kita, mereka selalu beranggapan oo..begitu ya rupanya...oo...begini tho
Terutama untuk cerita² Fiksi, mereka selalu berasumsi cerita yang saya muat melulu cerita Real dalam hidup saya padahal banyak sumber yg coba sy buat tulisan

P9
Ass...terimakasih atas ilmunya bun, saya Umi Agus Farida izin bertanya. Sering kali saya menulis itu mengalir saja, namun saat dibaca ulang ternysta bsnyak jalinan kalimat yg tidak sambung, kemudian dikoreksi tapi timbul ide lain. Jadi yg satu blm selesai ingin menulis lagi yg lain, bagaimana ini bun, terimakasih 🙏
Walau masih belum tayang secara publik, terimakasih 🙏


IV. PENUTUP
Semoga pembelajaran malam ini berkesan mendalam dihati sahabat literasi malam ini. Resume terbaik akan Bunda berikan hadiah istimewa khas dari NTT.

Alhamdulillah, walau dengan kesibukan yang luar biasa ini, saya masih dapat membuat Resume pada pertemuan ke 5 ini.





















Komentar

  1. Terima kasih sudah mengerjakan tugasnya dengan baik

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah resume ke5 sudah jadi ya pak... Saya suka karena bapak selalu konsisten dalam membuat resume di setiap pertemuan. Sukses selalu buat bapak dan keluarga, ditengah-tengah kesibukan yang luar biasa...

    BalasHapus
  3. Mantap pak dar. Lengkap, resume yang mantul. Semangat terus. mg sehat slalu

    BalasHapus
  4. Terimakasih teman-teman, hari ini hari yang sangat sibuk luar biasa, dari menjadi narasumber pembinaan guru penggerak, mengurus berkas p3k, dan tak lupa pembelajaran daring di sekolah, alhamdulillah saya masih dapat mengikuti kegiatan "Belajar Menulis" hari ke 5 ini dan dapat membuat resum. Terimakasih Bapak Ibu sekalian yang telah memberikan motivasinya..

    BalasHapus
  5. Resume terbaik akan Bunda berikan hadiah istimewa khas dari NTT.

    Ini doa apakah mengingatkan Bunda Lies nih...

    Kren pak Dar.

    BalasHapus
  6. Wah lengkap begini resumenya, asik. Beberapa orang sama lengkap begini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUM PERTEMUAN KE 2. "TRIK CEPAT MENULIS RESUM DI BLOG"

PERSIAPAN PTM SDN RAWA KOMPENI

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.3.a.8