"MENULIS DIKALA SAKIT", RESUME BELAJAR MENULIS

 


MATERI RESUME           : PERTEMUAN KE 19

JUDUL MATERI               : MENULIS DIKALA SAKIT

HARI DAN TANGGAL    : SENIN, 15 NOVEMBER 2021

NARASUMBER               : SUHARTO, S.Ag., M.Pd.

MODERATOR                  : HASIMA ABDI PUTRI

OLEH                                : SUDARWOTO

Prakata

Tak terasa sudah pertemuan ke 19 Belajar Menulis pada gelombang 22 yang diasuh Om Jay. Seiring perkembangan waktu, sedikit banyak sudah mendapatkan ilmu dari para senior dan para Narasumber. Tema malam ini sepertinya menarik, karena dikala sakitpun kita masih bisa untuk menulis. Mudah-mudahan ilmu malam ini akan memberikan inspirasi untuk kita semua, agar dalam situasi apapun, kita masih bisa menulis.

PENDAHULUAN

Sudah menjadi kebiasan dan akan terus menjadi kebiasaan, setiap memulai segala sesuatu kita panjatkan do'a, seperti Moderator malam ini, mengajak kita untuk memulai acara dengan memanjatkan do'a, agar BM malam ini diberikan kelancaran dan kemudahan.

Agar lebih mengenal lagi Narasumber malam ini, berikut Curriculum Vitae beliau;

Nama       : Suharto (Cing Ato/Cing Ato)
Asal.        : Jakarta ( Betawi)
Tugas       : MTsN 5 Jakarta
Guru.       : Fikih 

Menulis

A.  Belajar Menulis

  1. Pelatihan menulis bersama KSGN    Akhir  Desember 2016 di Wisma UNJ Jakarta, sela3 hari 2 malam.
  2. Pelatihan menulis MWC Media Guru di Cipanas  Akhir Desember 2017, selama 3 har i 2 malam
  3. Pelatihan menulis 2017 bersama Om Jay di acara public speaking di Jakarta
  4. Pelatihan menulis 2020 bersama Om Jay angkatan ke 8. ( Dalam kondisi sakit)
  5. Pelatihan Desain cover buku dengan pak Ajhinata (2021)

Narasumber

  1. Narasumber pelatihan menulis KSGN PGRI 2021 Gelombang 17
  2. Narasumber pelatihan menulis KSGN PGRI 2021 Gelombang 19

B. Menulis Buku

     1. Buku ontologi

          1) Bukan Guru Biasa (2016)
          2) Guru Inspiratif (2020)

      2. Buku Solo

          1) Mengejar Azan (2018)
          2) GBS Menyerangku (2020)
          3) Menjadi Pribadi Unggul (2020)
          4) Kompilasi Kisah Inspiratif (2021)
          5) Belajar Tak Bertepi (2021)
          6) Aisyeh Menunggu Cinta (2021)
          7) Menepis Kesulitan Menulis (2021)

       3. Masih Dalam proses

           1) Kado Spesial Sang Bintang ( tinggal menunggu kisah inspiratif dari murid-murid  Yang sukses
               tembus kuliah keluar negeri Jepang, Turki, Mesir, Yaman, Thailand, dan lainnya)
           2) Lentera Ramadan ( tinggal disempurnakan sedikit insyaallah, sebelum Ramadan sudah terbit.
           3) Cing Ato Berpantun
           4) Cing Ato Berpuisi
           5) Menulis di Kala Sakit
           6) Belajar Fikih ( buku mata pelajaran)

        4. Masih Dalam ide

            1) Menyongsong Pendidikan Abad 21
            2) Menjadi Guru yang dirindukan
            3) Mengubah PTK menjadi Buku
            4) Mengubah Tesis Menjadi buku
            5) dll

Medsos

       1.  Instragram   (@Suharto. cingato.cing)
       2. Facebook.     (@ Suharto.cingato.cing)
       3. Blog              (Suharto13bolgspot.com) 
                                 (Suharto69blogspot.com)
       4. Aktif di website YPTD     

Motto Hidup

          "Belajar, belajar, dan belajar"

Silahkan buka link Youtube berikut tentang tulisan "Cing Ato"

https://youtu.be/tVSJLPutgtU

https://youtu.be/fjpPK_w0Bew

https://youtu.be/fjpPK_w0Bew

MATERI INTI

Dengan mengucapkan salam dan terimakasih kepada peserta BM gelombang 21 dan 22 serta kepada Moderator, Cing Ato, begitu panggilan akrab Narasumber malam ini, beliau memulai memaparkan materinya.

Cerita Cing Ato ketika mengawali menulis.

Sudah lama beliau ingin menulis. Beliau sudah berusaha membeli buku tentang tulis-menulis. Beliau juga pernah ikut acara jurnalis. Tapi tetap saja tidak bisa menulis. Pernah beliau di undang untuk menulis, tapi katanya hasilnya masih kaku dan kering. Sebenarnya beliau tidak bisa merangkai kata menjadi sebuah kalimat, apalagi kalimat yang indah bertabur diksi yang penuh hikmat. Tapi Cing Ato tidak putus asa, 

Ketika lagi bumingnya literasi di sekolah atau madrasah, beliau memcoba untuk bisa. Beliau perhatikan bahwa peserta didik hanya dipinta membaca buku pada setiap hari Selasa. Kebetulan beliau suka bawa buku, hingga membaca sudah terbiasa. Di samping membaca beberapa peserta didik dilibatkan dalam tulis-menulis, sehingga jadilah buku antologi sebagai wujud literasi menulis. Dari sinilah beliau mulai tertarik untuk menulis. 

Mencoba mencari wadah pelatihan menulis.

Awalnya Cing Ato membuka Facebook, didapatinya ada pelatihan menulis KSGN di wisma UNJ. Di sinilah beliau kenal dengan pak Namin, Om Jay, Om Dedi, dan lainnya hingga beliau sering ikut kegiatan dalam menulis yang diadakan kenalannya tersebut. Dari sini sedikit banyak mengetahui cara menulis, terutama apa yang disampaikan oleh Om Jay. " Tulis apa yang ada disekitar kita, tulis yang sederhana dahulu, tulis yang kamu bisa dan kuasai, serta mulailah menulis apa yang kamu alami dan rasakan" itulah sepenggal kalimat yang Cing Ato pahami sampai sekarang.

Ada kalimat inspiratif yang menjadi kartu nama kenalannya itu, "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" yang memotivasinya untuk selalu menulis. Kemudian beliau buat turunannya "Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi". Dari sini Cing Ato mulai punya buku antologi pertama " Bukan Guru Biasa" 2016.

Inilah buku pertama Cing Ato;


Tak hanya sampai di situ saja, Cing Ato pun berguru lagi dengan group Media Guru, dari sana beliau menerbitkan buku perdana solo "Mengejar Azan" buku cerita tentang perjalanan menuntut ilmu. 


Kebahagiaan Cing Ato tak terkira pada saat itu, mempunyai kebanggaan tersendiri mempunyai karya sendiri. Sehingga karya perdana itu beliau abadikan dengan minta bantuan pelukis untuk melukisnya, seperti tampak pada foto di atas.

Namun........

Ya...Namun, untung tak dapat diraih, Malang tak dapat ditolak. Tetiba badai tornado menghantam dengan dahsyatnya. Tubuh Cing Ato yang tadinya tinggi, gagah, ganteng dengan sekejap mata lumpuh total tak berdaya, hanya menyisakan mata, telinga, dan otak. Bahkan bernapas pun tidak bisa. Jika tidak cepat ditangani, entahlah...apa yang terjadi, mungkin Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un...

Hampir 1,5 bulan di ruang ICU, 3 bulan di ruang HCU, 2 Minggu di ruang inap biasa. Pulang dalam kondisi lumpuh. Satu tahun badan tak bergerak, setelah satu tahun mulai ada gerakan tangan, butuh enam bulan tangan kiri bisa memegang wajah, lalu disusul tangan kanan. Jari tangan masih kaku dan tidak bisa menggenggam, untuk menekan remot saja tidak mampu.Selama 1.5 tahun beliau hanya berbaring dan terkadang suntuk menghampiri.1.5 tahun putus dengan dunia luar, tidak tahu perkembangan dunia luar seperti apa. Oh my God...

Begitulah cerita singkat Cing Ato, yang mengharu biru, yang mengawali beliau menulis sesuatu yang bermakna dikala sakit dalam hidupnya.

Inspirasi Menulis Dikala Sakit

"Suatu hari handphone istri tertinggal dan berdering. Saya coba minta asisten rumah tangga untuk mengambilnya dan meletakkan di atas dada saya. Saya coba untuk menyentuh, Alhamdulillah, bisa terbuka. Dalam hati kecil berkata ke mana ya, handphone milik saya, sudah 1,5 tahun lepas dari saya", awal certia Cing Ato.

"Ketika istri pulang dari sekolah, saya pinta HP saya dan sekaligus minta dibelikan kartu baru. Karena yang lama mati. Tak pikir panjang istri mencari HP dan membelikan kartu baru. Terasa hidup kembali", lanjutnya.

"Saya berusaha menggunakan HP walau tidak bisa menggenggam, cukup beli alat HP lalu disangkutkan pada jari jempol tangan kiri dan menulis menggunakan jari tengah. Bagus jari manis dan kelingking tertekuk hingga tidak menghalanginya untuk menulis. Karena jari tengah yang terpanjang, maka saya gunakan untuk mengetik.  Ternyata semua yang terjadi ada hikmahnya. maka itu, saya syukuri saja", paparnya.

Dari cerita itu, mulailah beliau melacak akun Facebooknya, cukup makan waktu 3 hari baru bisa terlacak. Sejak itu beliau memposting kondisinya, hingga banyak simpati dan empati berdatangan. Dalam hatinya, kenapa tidak menulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak. Akhirnya beliau menulis apa yang pernah dibacan, dilihat, dan didengarnya. Karena senang dengan motivasi, maka beliau hampir setiap hari menulis artikel sederhana tentang motivasi hidup. Di samping itu juga menulis tentang apa yang sedang terjadi pada dirinya.

Saking asyiknya menulis, Cing Ato hingga lupa bahwa dirinya sedang sakit tahunan, tetiba secara perlahan, tapi pasti ada progres yang menggembirakan, tubuhnya mulai bergerak satu persatu. Allahu Akbar.....Banyak respon positif berdatangan, hingga banyak yang membaca bahkan selalu menunggu tulisan berikutnya. Beliaupun tambah semangat. Sehingga tidak tidur sebelum ketemu bahan untuk ditulis besok. Setiap habis salat subuh hingga jam 7 saya menulis. Menulis sambil rebahan di atas kasur. Setelah beliau bisa duduk barulah menulis di atas roda atau menulis di mana saja. Terkadang di atas kasur, di luar rumah ketika menjemur badan, di mobil sambil menikmati macatnya arus lalulintas, di rumah sakit sambil nunggu panggilan dokter. Ya, pokoknya di mana saja ada di situlah beliau menulis. Bahkan ketika sedang terapi pun beliau suka menulis.


                                                               Foto Cing Ato ketika sakit.



                                          Foto ketika Cing Ato sedang terapi sambil menulis

Itulah sedikit cerita tentang Cing Ato, mudah-mudahan Cing Ato sehat kembali dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin

Inilah karya tulis sederhana beliau;

Sebelum sakit

1. Mengejar Azan (2018)

Setelah sakit

2. GBS Menyerangku (2020)
3. Menuju Pribadi Unggul (2020)
4. Belajar Tak Bertepi (2021)
5. Kisah inspiratif Seni Mendidik Diri (2021)
6.Aisyeh Menunggu Cinte (2021)
7. Menepis Kesulitan Belajar (2021)

Masih dalam proses

1. Kado Spesial Sang Bintang
2. Lentera Ramadan
3. Cing Ato Berpantun
4. Cing Ato Berpuisi
5. Menulis di Kala Sakit

Masih dalam ide

1. Menyongsong pendidikan abad 21
2. Guru Berkharisma
3. Belajar Fikih ( buku pelajaran)
4. Dll.....

TANYA JAWAB

P1. Widya dari Malang. 

  1. Apa motivasi terkuat Cing Ato untuk menulis saat itu? 
  2. Bagaimana caranya memompa semangat ketika cing Ato down atau merasa kesakitan?
  3. Bagaimana sekarang kondisi kesehatan Cing Ato 

J1.

  1. Ketika saya sehat saya sering ceramah dan khutbah baik di madrasah atau di masyarakat. Maka, ketika sakit saya berpikir apa ya kira-kira yang bisa saya lakukan dan ada manfaatnya untuk orang banyak. Akhirnya, saya menulis tentang karakter manusia. Maka, tulisan saya isinya motivasi bagaimana menjalankan hidup semestinya.
  2. Setidaknya jika saya menulis tentang kebaikan, pasti Allah pun tidak tinggal diam.
  3. Agar tulisan-tulisan saya bisa dinikmati oleh keturunan saya, setidaknya bisa memotivasi generasi selanjutnya.

P2. Mulyanita dari Bekasi. 

  1. Cing ato kalau boleh tau cing ato sakit apa?
  2. Ketika di awal cing ato bilang menulis di blog dan Facebook, adakah kekhawatiran cing ato kalau tulisan itu akan dicuri oleh orang lain? 

J2

  1. Saya sakit GBS  kelumpuhan syaraf. Seluruh syaraf saya tidak berpungsi. Sampai nafas pun tidak bisa. Saya berkaca pada para ulama. Adakah mereka hawatir tulisannya dicuri orang. Justru dia bahagia tulisannya bisa sampai ke orang banyak. 
  2. Nulis itu niatkan lillah... dan semua milik Allah. Saya tidak khawatir... karena tujuan saya menebarkan kebaikan....Apalagi kata-kata yang saya susun juga dari orang lain.

P3. Lusi Apriyana dari SMKN2 Pangkalpinang

Bagaimana caranya agar kita bisa membuat judul yang sesuai dengan tulisan kita..terkadang saat membuat tulisan kita sering kali merasa kl judul yg saya buat itu kurang mengena pada tulisan yang kita buat?

J3.

  1. Ketika saya membuat judul buku pertama saya pelajari buku om Jay. Ternyata om Jay membuat judul di cover buku diambil dari judul-judul pada daftar isi. Tentunya diambil yang menurutnya bagus di antara judul-judul yang ada.
  2. Lihat isi tulisan kita temannya apa dan yang di bahas apa. Kalau tema tulisan tentang guru dengan segala kondisinya. Pasti kita buat judul yang ada kaitannya dengan tulisan.

Contoh,  sekarang saya sedang menulis buku 8 Kado Spesial Sang Bintang. Tema sentralnya tentang bagaimana menjadi sang bintang, tentunya bagaimana cara belajar sang bintang, kenapa harus menjadi sang bintang, terus kisah-kisah sukses sang bintang. Usahakan judul cover singkat, menarik, dan syarat makna.

P4. Umi Agus Farida asal Marabahan Kalsel

Mohon izin bertanya, setahun yang lalu saya kehilangan laptop dan kecelakaan, tangan kiri digips karena retak dan gigi rontok karena tersungkur di aspal. Alhamdulillah dalam masa penyembuhan saya melihat gabung grup WA Belajar Menulis akhirnya saya gabung. Alhamdulillah teman-teman di grup sangat baik dan rela membantu walaupun saya menulis cuma lewat WA Alhamdulillah telah bisa menulis antologi sebanyak 25 buku lebih. Terimakasih sahabat literasi tercinta.

Pertanyaannya, bagaimana caranya agar tetap eksis menulis dan semangat menulis setiap hari? 

J4.

Dapt juga menulis dengan HP. Menulislah di aplikasi catatan.

Semua kembali kepada diri kita masing-masing. Sekarang kita lihat kepada diri kita, niat kita menulis untuk apa? Tentunya banyak alasan, dan hal ini pasti sudah dikupas oleh narasumber sebelumnya.

Menulislah setiap hari walaupun pendek. Terkadang menulis artikel, puisi, pantun, atau bisa diselingi belajar yang lain. Jadi keistiqomahan kita dalam menulis tergantung diri kita. Sebaiknya menulis yang ada manfaatnya untuk diri maupun orang banyak.

P5. Suyatinah dari Yogya.

Cing, tantangan untuk bisa menghasilkan buku setelah 20 pertemuan sangat menantang,apalagi tantangan dari prof. Ekoji. Namun kadang ragu dengan kemampuan saya, harus banyak referensi yang dibaca, sementara kerjaan seolah gak habis2...

Gimana Cing Ato mampu memompa semangat sampai bisa menghasilkan banyak karya?

J5.

Setiap kita punya genre masing-masing. Tulis saja dahulu yang kita bisa dan kuasai. Itu saja dahulu. Saya terus terang saja dahulu menyusun kalimat saja tidak bisa. Maka itu, saya awali menulis dengan menulis apa yang pernah dialami. Itu lebih mudah. Tujuan salah pertama belajar menulis dengan bahasa yang saya bisa. Nanti jika tulisan kita sudah bagus baru masuk ke tahap berikutnya.

Ya, memang terkadang kita ciut duluan sebelum berbuat. Banyak itu saya temui di antara teman. Saya kasih masukan sekarang malah tulisan beliau lebih bagus..  

Jangan setengah-setengah, berkolaborasilah dengan Prof. Eko

Jadi boleh kasih waktu untuk menulis, jangan nunggu waktu kosong baru menulis. Semua orang juga sibuk, tapi mereka yang sukses mereka yang pandai membagi waktu dan menggunakan dg sebaik-baiknya 

P6. Nyoman Sipi dari Bali

Bagaimanakah cara memunculkan ide-ide menulis dalam diri sendiri?

J6.

Sebenarnya sumber ide banyak sekali dan berserakan disekitar kita. Tinggal kita mau nulis apa.

Misal, kita ingin menulis tentang manfaat dari perabot dapur. Nah, kita tinggal observasi ke dapur lalu ada benda apa saja. Tulis dah tuh satu-satu. Apa itu sendok, dari apa dibuatnya, bagaimana cara menggunakannya, dan bagaimana cara membuatnya.

Kedua, banyak baca buku 

Ketiga, traveling

P7. Anggraini dari Pangkalpinang

Bagaimana cara mengatasi saat kita berada dalam perasaan galau saat menulis?

J7.

  1. Kalau galau berhenti dahulu menulisnya, butuh rileksasi, butuh penyegaran. Saya kalau pusing, lelah, buntu, dan lainnya. Bukalah YouTube  melihat yang lucu-lucu saja agar saya bisa tertawa.
  2. Kedua, melihat ternak saya burung...ya, sudah saya lihat-lihat saja sampai suntuk hilang
  3. Ketiga, saya minta dikeluarkan dari tempat kerja saya. Ngobrol sama orang tua, saudara, dan tetangga. Saya, suka ngelucon akhirnya bisa tertawa.
  4. Suntuk hilang baru saya terusin lagi nulis sampai selesai satu artikel.

P8. Arham asal Donggala Sulteng 

Bagaimana trik atau strategi Cing Ato menyikapi dan bahkan menyempatkan waktu menulis ?

J8.

Kebetulan saya sudah tahu kuncinya sebelum sakit, ditambah saya ikut pelatihan di gelombang 8 dan pelatihan-pelatihan menulis lainnya. Sehingga apa yang harus saya tulis saya sudah tahu, tinggal memperkaya tulisan lewat internet dan buku-buku.

Kebetulan saya hanya sakit kelumpuhan, otak saya masih normal dan tidak terganggu. 

Kebetulan juga saya ambil cuti 3 smter. Jadi satu semester saya sempatkan untuk menulis. Karena hanya menulis yang saya bisa lakukan.

Justru dengan menulis saya ingin melupakan penyakit. Kalau saya melakukan sesuatu, maka saya hanya memikirkan penyakit terus. Maka itu, saya menulis saja hingga penyakit itu bosan dan kabur.


PENUTUP

Closing Statement Cing Ato;

"Menulis itu sebuah keterampilan, tak ubahnya seperti keterampilan pada umumnya. Agar menjadi terampil dibutuhkan latihan terus-menerus. Begitu juga dengan menulis."

Demikianlah pertemuan BM malam ini, walau cukup larut, namun dengan cerita Cing Ato, mudah-mudahan membuat motivasi kita semua untuk terus...dan terus belajar menulis, setidaknya tulisan kita akan menjadi inspirasi diri kita sendiri ataupun orang lain. Semoga Allah memberikan Cing Ato dan kita semua kesehatan dan kebarokahan hidup dalam kehidupan ini. Aamiin..

Dengan ditutup Moderator, BM malam ini berakhir.

Ketika Allah berkehendak dan berkata terjadi maka terjadilah..

"Manfaatkan masa sehatmu sebelum masa sakitmu,  manfaatkan masa hidupmu sebelum ajal menjemputmu".-Muhammad Agus Syafii

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERSIAPAN PTM SDN RAWA KOMPENI

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.3.a.8

RESUM PERTEMUAN KE 2. "TRIK CEPAT MENULIS RESUM DI BLOG"